Kamis, 01 November 2012

5 Program PDF Converter Gratis Terpopuler

11/01/2012 07:01:00 AM


File PDF sekarang sudah dikenal lekat sebagai cara alternatif untuk melindungi dokumen dan membagikannya dengan lebih leluasa. Cuman sayangnya PDF yang pertama kali dikenalkan luas oleh perusahaan Adobe menjual versi creatornya dengan sangat mahal. Harga Adobe Acrobat terbaru yang dibanderol sekitar 89.90
USD atau sekitar Rp 800.000,- rupiah masih terlalu mahal bagi saya. Dan saya yakin saya tidak sendirian. Bayangkan saja kalo uang segitu dibeliin es cendol udah dapet berapa tuh? hehehe.. sori, intermezzo gan..
Nah daripada uang segitu dibeliin Adobe Acrobat, mending uangnya ditabung buat keperluan yang laen. Untuk keperluan buat PDF, kita bisa cari alternatif program lain. Seperti yang akan kita bahas di sini.. Lima (bukan hanya satu) program alternatif pembuat PDF. Apa saja kelima program tersebut? Mari kita ikuti lebih lanjut.

1. PrimoPDF

PrimoPDF adalah salah satu program pembuat PDF yang berjalan di bawah Windows dengan sekian banyak fitur untuk mengoptimalkan proses pembuatan segala dokumen Anda menjadi PDF. Seperti program PDF Creator yang lain, setelah instalasi, Anda dapat menemukan PrimoPDF dalam daftar Print Option.

Sesaat setelah menekan tombol Print, Anda akan dihadapkan pada lima pilihan: Screen, eBook, Print, Prepress, and Custom. Yang paling menarik adalah masing-masing pilihan tersebut sudah disertai dengan deskripsi singkat yang sangat berguna untuk memahami fungsi pilihan tersebut dengan cepat. Kelima-limanya juga telah disusun berdasakan urutan besar file yang dihasilkan sehingga mempermudah pengguna untuk memilih output file yang diinginkan.

Jika Anda memilih Custom, Anda bisa tentukan sendiri profil file PDF seperti keinginan Anda. Sementara itu dalam Document Properties, Anda bisa memasukkan judul, deskripsi, dan keyword untuk file PDF Anda
Satu hal lagi yang membuat PrimoPDF yang menonjol, yakni fasilitas keamanan dalam file PDF. Anda bisa memproteksi file PDF yang akan Anda buat baik untuk sekedar melihat atau memodifikasinya. Jika Anda memilih proteksi modifikasi, maka Anda akan mendapatkan pilihan yang lebih lengkap atas apa yang boleh dan tidak boleh diubah..

Secara keseluruhan, PrimoPDF menjanjikan fleksibilitas dan puluhan fitur yang membuatnya menjadi PDF Creator unggulan.
[Download PrimoPDF]

2. PDFCreator


PDFCreator memiliki puluhan fitur yang akan membantu Anda dalam melakukan konversi. Program ini bukan hanya sekedar PDF Converter biasa, namun juga bisa melakukan konversi ke dalam beberapa format yang berbeda seperti PNG, JPG, BMP, PCX, TIFF, PS, EPS, TXT, PSD, PCL, RAW dan SVG..

Pengaturan PDF Security dalam program ini sangat mirip dengan yang ada di PrimoPDF. PDFCreator menyediakan sejumlah layer keamanan yang berbeda dengan menambahkan fasilitas password untuk menampilkan dan atau memodifikasi file PDF. Program ini memiliki dua tipe enkripsi, sehingga Anda bisa menambah tingkat keamanan bahkan dari orang jahil. Selain itu Anda juga tetap bisa menambahkan Judul dan keyword. Setelah semua lengkap Anda bisa langsung menyimpan file PDF Anda atau langsung mengirimnya via email.

[Download PDFCreator]

3. DoPDF


Program ini adalah salah satu program Converter PDF yang telah mendukung multibahasa. Setelah memilih dokumen yang akan dicetak, DoPDF akan menampilkan sebuah jendela berisi informasi tempat Anda akan menyimpan file PDF dan pilihan untuk membuka otomatis file PDF setelah proses konversi selesai.  Program ini tidak disertai pembaca PDF built-in. Program yang saya katakan digunakan untuk membuka otomatis file PDF di sini merujuk pada pembaca PDF default yang Anda gunakan. Jadi jika Anda sekarang belum memiliki PDF Reader apapun, Anda perlu menginstallnya terlebih dahulu.
Secara umum DoPDF sangat mudah digunakan dan akan memberitahu Anda jika proses konversi sudah berhasil dilakukan.
[Download DoPDF]

4. PDF995


Program ini adalah salah satu program yang paling mudah digunakan, namun sedikit sayangnya adalah adanya iklan di dalamnya. Program berbasis Windows ini memisahkan driver printer dan converter dalam dua file .EXE yang berbeda. Untuk mendownload dan menginstall kedua file ini mungkin tidak praktis. Jika saja keduanya dijadikan satu file, mungkin akan lebih mempermudah pengguna. Anda tidak perlu terkejut jika setelah proses instalasi salah satu file, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa agar dapat berjalan dengan baik program ini membutuhkan file yang kedua.
Seperti PrimoPDF, program ini sangat mudah digunakan. Anda cukup masuk ke Print Options dan melakukan setting di sana. Mungkin satu hal yang membikin sedikit menyebalan adalah dalam versi gratis terdapat banyak sekali iklan. Iklan-iklan segede ini muncul begitu saja tanpa diundang. Dari situlah mungkin PDF995 bisa menerbitkan versi gratis. Jika Anda ingin iklan-iklan tersebut hilang, Anda cukup melakukan upgrade, dengan sedikit biaya tentunya.. :)

Secara umum, Anda tidak mendapatkan pilihan dan setting seperti PDF Properties dan Setting Privasi seperti pada PrimoPDF dalam program ini. Anggap saja hanya program sederhana untuk membuat file PDF itu saja, lain tidak.
[Download PDF995]

5. CutePDF


CutePDF adalah program PDF Creator yang ringan dan cepat. Satu hal yang menyenangkan adalah bahwa installernya sudah dipaketkan dalam bentuk ZIP. Anda tidak perlu lagi menginstal program dan driver printer satu persatu lagi, meski jika Anda ingin, Anda juga memilih bentuk installer seperti PDF995. Dua file yang terpisah.
Selama proses instalasi, Anda akan ditanya apakah Anda akan menggunakan Ask.com sebagai mesin pencari default PC Anda. Saya tidak menyarankan untuk mengaktifkan pilihan ini karena mungkin nantinya cukup mengganggu. Setelah instalasi selesai, Anda bisa temukan pilihan CutePDF pada pilihan Printer persis seperti program PDF Converter yang lain.
Satu hal yang perlu Anda perhatikan. Sesaat setelah Anda menekan tombol Print dan memilih nama file PDF yang akan Anda buat, file dialog box akan hilang dan tidak ada tanda-tanda apapun apakah file PDF Anda sudah jadi atau gagal. Anda bahkan mungkin perlu mencari sendiri dimana lokasi penyimpanan file PDF yang barusan Anda buat tersimpan. Seharusnya ada notifikasi yang menginformasikan kepada pengguna bahwa proses pembuatan PDF sedang berlangsung, atau sudah selesai. Ini yang belum ada dan bisa jadi masukan bagi pengembang CutePDF ke depan.
CutePDF memang memiliki kelebihan dari PDF995 dalam hal instalsi tapi mungkin perlu penyempurnaan lebih lanjut yakni adanya notifikasi proses konversi sedang berlangsung atau sudah berhasil.
[Download CutePDF]
Nah, sekarang, program konversi PDF mana yang lebih Anda sukai?

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Posting Komentar

 

© 2013 Kukuh Nur Faizal. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top